Sisi Gelap dunia Entertainment Kpop

Image result for K pop

Kesempurnaan oppa-oppa dan unni-unni Korea di layar kaca emang udah ga diragukan lagi sudah menarik minat kaula muda *cieh. Siapa sih yang ga tertarik, cantik-cantik, tampan-tampan, hot, suaranya merdu, jago dance, banyak fans, uwu perfecto! Nah, kayak korset pelangsing, persaingan di dunia perK-popan ini ketat banget nih guys. Mereka harus SEMPURNA di mata penonton. Dilansir dari Brilio.net, Artis-artis K-pop dituntut untuk mengikuti standar kecantikan Korea Selatan. Hidung mancung, harus langsing, tinggi, semampai.  So, ga heran kalo disana diet ketat itu udah biasa, oplas muka dan badan udah kayak shoping baju.

Image result for K pop

Ga cukup hanya dengan paras yang "menjual", mereka juga harus jago di banyak hal. Para member girlband dan boyband akan dilatih melalui training. Mereka harus berlatih keras dan melewati banyak seleksi. Menurut IDN times, para trainee harus mengikuti training yang rata-rata memakan waktunya 4-5 tahun. Dalam masa training, mereka juga harus mengikuti berbagai kelas seperti kelas menyanyi dan menari, tapi juga kelas akting, kelas bahasa, termasuk kelas kepribadian. Waduh..kepribadian sampe ada kelasnya ya. Parahnya, menurut brilio.net, para trainee yang training di agensi kecil jarang mendapatkan bayaran sebelum mereka memiliki penjualan album yang hits.  Mereka bahkan harus membayar pengeluaran perusahaan yang digunakan untuk mendebutkan mereka. Waduh udah lelah, bayar pula.

Image result for K pop fans

Nah dengan menjunjung tinggi kesempurnaan penampilan ini, para K-pop idol mendapat banyak fans, termasuk kalian-kalian yang lagi nonton nih. Nah meskipun jadi sumber kekuatan para K-pop idol, ada juga nih fans yang malah posesif dan membahayakan idolnya. Menurut IDN times, fans yang keterlaluan ini disebut sasaeng. Mengatasnamakan cinta pada idol mereka, para sasaeng ini suka mengikuti para idol k-pop dan mengambil gambarnya tanpa izin. Berbeda dengan paparazi, sasaeng sering juga mengirim hadiah-hadiah aneh pada idolanya, seperti darah atau foto kulit mereka yang berukir nama sang idol. Idihhh kok horor ya. Untuk menjaga para fansnya, banyak agensi-agensi pencetak boyband dan girlband bahkan embatasi hak pribadi mereka, seperti punya pasangan. Wah kasian ya. Ditambah lagi, menurut Tribunnews.com, tak sedikit dari mereka banyak mengalami pelecehan seksual baik itu dari fans di keramaian maupun orang-orang penting di agensi mereka seperti para investor. Nah dengan beban kerja dan tuntutan profesi yang berat ini, ga jarang kita denger berita beberapa idola k-pop meninggal di usia muda karena bunuh diri. Sayang sekali ya

Image result for K pop suicide

Nah gimana nih menurut kalian terutama buat para K-popers, masih ada yang mau ngasi hate-speech? ada termotivasi punya jodoh oppa-oppa atau unni-unni Korea? Atau jangan-jangan kalian semakin tertantang buat jadi k-pop idol nih? Kasi komen kalian di bawah ya! 

Comments